Thursday, May 24, 2012

Stevanus



               
                Stevanus, sudah tidak asing lagi kita dengar. Ia merupakan salah satu dari 7 pria yang ditunjuk oleh jemaat untuk mengurus distribusi bantuan bagi janda-janda tua dalam komunitas jemaat ( Kis. 6: 1-6 ). Stevanus juga dikenal sebagai seorang penginjil, yang memberitakan kabar keselamatan, bersama Petrus dan tim.
                Karunia,  kuasa dan hikmat ada padanya, sehingga ia mampu membuat berbagai mujizat dan tanda-tanda. Hingga beberapa orang dari jemaat Yahudi – baik dari Kirene, Aleksandria, Kilikia maupun dari Asia – berusaha untuk menguji  Stevanus. Namun, tak satupun yang dapat melawan hikmat yang ia peroleh dari Roh Kudus, sehingga membuat orang – orang terebut menghasut beberapa orang lainnya untuk menuduh Stevanus sebagai orang yang telah menghujat terhadap Allah dan Musa. Mereka menyergap, menyeret dan membawa Stevanus ke Mahkamah Agama ( Kis. 6: 8-15 )
                Namun Stevanus tidaklah gentar. Roh Allah menguasainya, hingga mukanya sama seperti malaikat. Hikmat Allah ada padanya, hingga ia melakukan pembelaan yang membuatnya harus dilempari sampai mati. Ia mendapat hiburan sebelum ia dihukum mati : ia melihat langit terbuka dan Yesus yang berdiri di sebelah kanan Allah Bapa. ( Kis. 7 )
                Ia meninggal dan dihormati sebagai martir pertama dalam abad sesudah Masehi ini. Kita di jaman ini, siapkah menjadi martir – martir Kristus?

No comments:

Post a Comment