Friday, July 6, 2012

Cara Mengatasi Kantuk Saat Suasana Membosankan


    Di saat seminar ataupun dalam kegiatan belajar mengajar, seringkali kita mengalami yang namanya ngantuk. Itu adalah hal yang wajar yang kita alami disaat suasana suatu acara / kelas yang membosankan. Bisa jadi karena pembicara yang kurang kreatif, atau materi pelajaran yang susah dan tidak dimengerti / paling dibenci, ataupun kurangnya stamina tubuh. Memang ada banyak faktor yang memengaruhinya.
   Saya sering sekali mengalami hal ini. Di satu sisi, saya ingin menambah pengetahuan dan ilmu saya serta memahaminya, tetapi di satu sisi yang lain, saya merasa tidak sanggup untuk mempertahankan kantuk saya. Apalagi saat ulangan dan pelajaran sejarah ( saya kurang menyukainya ). Saat guru saya menjelaskan, aura kantuk menguasai saya. Saya berusaha untuk menahannya, tetapi rasa kantuk menjadi-jadi. Dan akhirnya saya pasrah.. ( hehe, jadi curhat.. XP ).
   Tips yang sering aku gunakan di saat aku ngalami hal-hal di atas adalah :

1. Makan Permen atau mengunyah permen karet.
    Kalau yang satu ini, hanya berlaku di saat seminar (menurut saya), karena makan permen disaat jam pelajaran, itu dilarang. Apalagi permen karet. Tapi kalau dalam seminar, lebih baik permen karet, karena bisa mengurangi rasa kantuk. Kok bisa? Beberapa sumber mengatakan bahwa pada saat mengunyah permen karet maka daerah rahang akan terus bergerak sehingga sedikit mengurangi rasa kantuk di mata karena hal itu merangsang kinerja otak.

2. Memijat bahu dengan minyak kayu putih.
    Pada saat sedang pusing, itu berarti ada beberapa saraf otot yang menegang, sehingga harus dirilekskan. Ya sebenarnya tidak harus pakai minyak kayu putih, dipijat sekedar begitu aja juga tidak apa-apa. Tapi lebih baik jika menggunakan minyak kayu putih atau minyak aromatherapy. Kalau bisa, diselingin juga dengan menggerakkan otot-otot yang kaku pada pergelangan sendi dekat bahu, atau bahasa inggrisnya "streching" ( semoga benar tulisannya ). Cara ini udah saya coba dan hasilnya manjur, walaupun hanya sementara. :)

3. Ijin ke Toilet
    Tips yang satu ini paling sering dilakuin kebanyakan orang. Biasanya sih yang dilakukan adalah membasuh mata atau muka agar segar kembali. Tapi seringkali kesempatan ini disalahgunakan oleh para gadis biasanya. Mereka pergunakan untuk, yah narziz begitu ( saya juga kadang-kadang ). Boleh saja, tetapi jangan lama-lama. Apalagi kalau di sekolah. Kalau ketahuan guru BK, bisa gawat. Hehehe :D

4. Lengkapilah materimu dengan catatan - catatan tambahan.
    Saat guru / pembicara menyampaikan materi yang berbeda atau yang tidak tertulis dalam materi yang ada, diusahakan untuk menyatat, walaupun kantuk melanda. Memang sulit. Tetapi daripada kita ketinggalan materi yang disampaikan, lebih baik kita menyatatnya. :p

5. Hiasilah materi pelajaranmu
    Mungkin kita boring dengan warna hitam yang ada dalam materi / buku kita. Kita bisa menghiasinya dengan stabilo, atau dengan bolpoin berwarna. Kalau memang lagi bosan atau benar - benar sedikit emosi mendengar pembicara / guru yang menjelaskan terlalu pelan, kalian bisa melampiaskan kebosananmu dengan membuat gambar-gambar yang lucu. Hehehe.

Itu saja yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat. :)

No comments:

Post a Comment