Wednesday, December 21, 2011

Awas!!! HP Cerdas Virus Ganas!

   Zaman sekarang ini, keadaan HP semakin canggih. Hal ini merangsang para pembuat software yang jago sekaligus usil untuk menciptakan berbagai virus baru yang mulai mengamcam ponsel.
   Virus ponsel menyebar lewat berbagai cara pertukaran data yang dilakukan secara bebas ke ponsel, misalnya saat mengisi file ke memori ponsel, bertukar isi phonebook lewat bluetooth.
   Pintu masuk virus yang paling potensial adalah saat mengakses Internet lewat GPRS atau 3G. Hal ini terjadi karena jika tidak tahu cara yang benar, Internet adalah sumber segala macam virus yang berbahaya.

CANGGIH
   Perkembangan teknologi juga memungkinkan seorang pembuat virus membuat suatu malicious code untuk merusak arau memerintah ponsel untuk mengirim data keluar lewat SMS atau MMS tanpa disadari. Isinya juga diambil secara acak dari berbagai teks yang ada di ponsel, dan kadang berupa SMS kosong. Itulah salah satu bentuk ulah virus ponsel yang kini mulai menyebar.

 ANTI VIRUS
    Melihat besarnya ancaman virus bagi ponsel, perusahaan antivirus juga mulai memperluas produknya dengan cara membuat antivirus khusus untuk ponsel misalnya Kaspersky Lab membuat antivirus ponsel yang diklaim sanggup mendeteksi spam yang dikirimkan SMS/MMS dan lebih memperketat masuknya pesan dari sumber yang sudah di backlist. Cara bekerjanya sebagai berikut. Setelah terinstalasi, secara otomatis antivirus akan men-scan seluruh file di background, baik dalam ponsel itu sendiri maupun memory card. Ketika terdapat file terinfeksi, secara otomatis akan dikarantina untuk melindungi file lainnya di dalam system.
    Nah, agar tidak kehilangan data penting di smartphone atau PDA, backup dulu ke tempat aman atau pasang antivirus khusus untuk ponsel yang mulai banyak beredar!



Sumber : Tabloid HandPhone Plus

No comments:

Post a Comment